Friday 21 August 2015

Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10

Cara menghemat kuota internet di windows 10

Sudah menjadi rahasia umum kalau Windows 10 hadir dengan berbagai fitur baru dan kelebihan. Tetapi disamping kelebihannya itu, ada juga beberapa kekurangan, khususnya bagi kita pengguna Windows 10 yang kuota internetnya pas-pasan .(Baca Juga : Penyebab Kuota Cepat Habis dan Cara Mengatasinya)

Apa yang menyebabkan Windows 10 Boros Kuota?
  • Sekarang sudah masuk ke era cloud dan sinkronisasi, dan Windows 10 banyak mengadopsi teknologi ini di berbagai fiturnya.
  • Cortana dan beberapa fitur baru lainnya sangat tergantung kepada internet
  • Automatic Update Windows 10 tidak bisa dimatikan
  • Proses update Windows 10 menggunakan Peer-to-peer secara default, dimana pengguna lain bisa mendownload update dari kamu secara P2P.
Berikut kami paparkan kepada sobat bhinneka link semua cara menghemat kuota internet kita yang pas-pasan itu, tapi yang berlangganan internet unlimited tidak perlu melakukan tips ini, apa lagi yang konek pakek wifi :

1. Matikan Automatic App Updates
Update aplikasi memang sangat penting, tetapi kalau lagi bokek kuota juga repot. Sebaiknya ditunda dulu update aplikasinya dan dilakukan saja nanti ketika sudah terhubung ke koneksi kampus atau sekolah.

Jika itu yang ada di pikiran kamu, maka matikan saja Automatic App Updates di Windows Store. Cukup buka Windows Store > Settings > dan matikan Update Apps Automatically.

2. Matikan Automatic Update Windows 10
Cara ini sangat tidak kita rekomendasikan bagi kamu yang kuota internetnya melimpah, tapi kalo memang pas-pasan mau gimana lagi?

3. Aktifkan Metered Connection
Bagi kamu pengguna Wi-Fi dan Mobile Broadband Networks, kamu bisa menjadikan koneksi kamu sebagai metered connection, dengan begitu Windows tidak akan banyak menghabiskan kuota internet secara background.

Dengan metered connection aktif Windows 10 akan menghemat kuota internet kamu secara otomatis dengan menjaga agar penggunaan data bisa dilakukan seminimal mungkin. Windows 10 hanya akan mendownload update yang prioritas saja, update otomatis dari Store juga akan di pause, start screen tiles bakal tidak terupdate juga, bahkan file offline bakal tidak tersinkronisasi.

Intinya apapun bakal dilakukan Windows untuk menghemat kuota internet kamu. Dan nanti ketika kamu sudah terhubung ke koneksi kaya kuota, kamu bisa langsung mematikan fitur ini untuk langsung melakukan berbagai macam update.

Untuk mengaktifkan Metered Connection, cukup buka saja Network Settings.
Setelah itu pilih Wi-Fi atau Mobile Broadband Networks, lalu aktifkan Metered Connection.
Note : Metered Connection tidak bisa diaktifkan di Ethernet Connection.

4. Matikan Peer-to-Peer Update
Peer-to-Peer update ini membuat pengguna Windows di seluruh dunia saling berbagi file update Windows yang sudah terdownload di PC mereka. Efek positifnya, pengguna Windows bisa menikmati download update yang lebih cepat karena tidak tergantung di server Microsoft saja. Microsoft juga lebih menghemat resource server update mereka.

Tetapi bagi kamu yang berkuota minim, fitur ini bisa cukup menguras kuota internet kamu.
Untuk mematikannya ketikkan saja Windows Update di Search Box Cortana > pilih Advanced Windows Update Options > Choose how updates are delivered > matikan Updates from more than one place.

5. Matikan Cloud Based Protection & Sample Submission
Ini memang tidak kita rekomendasikan untuk dilakukan, tetapi jika memang kuota internet kamu benar-benar minim, maka kamu bisa melakukannya.

Cloud Based Protection membuat Windows bisa mengirimkan info tentang masalah security di Windows 10 yang kamu alami, sehingga mereka tahu dan cepat mengatasinya. Sedangkan Sampe submission membuat Windows 10 otomatis mengirim sample malware ke Microsoft. Keduanya memakai koneksi internet juga, meskipun tidak begitu signifikan.

Untuk mematikannya, cukup buka Windows Defender Settings
Lalu matikan Cloud-based Protection dan Sample Submission.

6. Matikan Sinkronisasi OneDrive
Jika kamu jarang menggunakan OneDrive, atau tidak membutuhkan cloud storage untuk backup file penting, maka kamu bisa mematikan sinkronisasi OneDrive.

Cara Cepat : Cukup Unlink saja OneDrive nya
Dengan cara ini maka OneDrive dan PC kamu tidak lagi terhubung, tetapi ingat..hal ini akan membuat settings, apps, dan berbagai sinkronisasi lainnya di Windows 10 kamu yang menjadikan OneDrive sebagai bridge nya berhenti total.

Cara normal : Matikan Sinkronisasi File nya Saja
Cara yang lebih halus lagi kamu tidak perlu Unlink OneDrive, cukup matikan saja sinkronisasi file dengan menghilangkan centang di Choose Folders > Choose Folders > hilangkan Sync all files and folders in my OneDrive

7. Matikan Sync Settings
Ingat, jika fitur ini kamu matikan, maka saat kamu install ulang atau login di device lain dengan account yang sama, maka settings Windows 10 kamu tidak akan tersinkronisasi lagi.
Namun jika hemat kuota memang yang kamu utamakan, maka kamu bisa mematikan sinkronisasi settings ini. Caranya cukup buka Sync your settings > lalu matikan Sync settings.

Note : Update Semuanya Ketika Terhubung Koneksi yang unlimited, atau Wifi
Setelah semua hal yang menghabiskan kuota diatas kamu matikan, sebenarnya Windows 10 kamu berada dalam fase dormansi, yaitu apps tidak begitu terupdate, Windows tidak begitu up-to-date, dan sinkronisasi berjalan sangat minimal.


Untuk itu ketika sedang terhubung dengan koneksi yang kuotanya melimpah, katakanlah di tempat Wifi, kita langsung update Windows 10 k, semua apps, sinkronisasi settings, ataupun sinkronisasi file.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10 ,,
Semoga Bermanfaat untuk sobat Bhinneka Link,,

1 comment: